hosting menu left
hosting menu right

interior design logo

 

a.    Keterangan umum :

  1. Nama : Wirabima.
  2. Bentuk : Persegi panjang berukuran 60 X 90 Cm.
  3. Tata warna : Merah, putih, kuning, hitam dan hijau.
  4. Tulisan : Wirabima.
  5. Lukisan : Gajah, api dan air, setangkai padi,  daun dan kapas, seutas pita yang bertuliskan dan sebuah bintang dipuncaknya.
  6. Bahan-bahan :    Kain beludru, kain Sutera dan benang sewarna.

b.    Arti dan Maksud :


1)    Dhuaja Korem 031 bernama Wirabima yang berarti Kesatria Perwira Laksana Bima, berlambangkan gajah hitam, 7 nyala api dan air yang beriak 17 diatas 4 buah gelombang mengandung arti sebagai berikut :

  1. Dhuaja ini menjelaskan ciri khas daerah Korem 031/Wirabima yang memiliki binatang gajah, sumber-sumber minyak bumi dan sungai besar yang mengalir.
  2. Korem 031/Wirabima lahir pada tanggal 17 April 1959 sesuai dengan Suyasangkala “Muka Tata Gatra Tunggal” yang berarti satu persatu sebagai berikut :
    1. Muka : Wajah : 9
    2. Tata : Teratur, Rapih atau tertib : 5
    3. Gatra : Wujud  : 9
    4. Tunggal : Satu : 1
      1. Bahwa Suryasangkala tersebut yang menunjukkan tahun kelahiran Kesatuan ini yaitu tahun 1959 merupakan juga sebuah saloka yang mengandung arti “Bahwa keribadian prajurit yang selalu dapat menunjukkan atau memiliki keselarasan gerak hati dengan tingkah laku dalam kebaktiannya, maka  prajurit itulah yang telah mampu menjatuhkan (menunggalkan) antara iman dan amalannya”.
      2. Bahwa tiap-tiap warga Korem 031/Wirabima diharapkan menjadi pelaksana Sapta Marga yang sempurna, yaitu sebagai manusia utama, sebagai prajurit sejati, dan sebagai Kesatria Perwira laksana Bima yang berpendirian  teguh, kuat dan mantap, serta setia kepada Republik indonesia.
  3. Gajah. Lambang ini menjelaskan ciri khas daerah Korem 031/Wirabima, mengingat kekayaan alamnya yang antara lain memiliki gajah sebagai binatang kebanggaan. Gajah mempuyai sifat kesentausaan dan watak yang selalu bersatu serta membela terhadap kawannya, dari sifat dan watak ini diharapkan prajurit Korem 031/Wirabima yang memiliki keteguhan lahir dan bathin, akrab dan setia kawan dengan masyarakat di sekitarnya. Sifat dan watak yang manunggal  hal ini melambangkan keahlian ilmu serta bijaksana yang penuh dengan wibawa.
  4. Api. Api atau dengan kata lain perkataan Agni atau Dahana melambangkan sifat keadilan dalam hukum/norma kehidupan prajurit yang cukup memiliki ketegasan serta tiada memihak sebelah dalam tindak lakunya bagaikan watak Agni yang memberantas dan menghancur lumatkan segala benda yang tiada pilih.
  5. Air. Watak Air adalah mencari kemerataan, mengalir dari tempat yang tinggi ketempat yang rendah. Watak air tidak menolak wujud benda apapun yang dihayutkan baik kasar maupun halus, akan tetapi sesampainya dilaut sampah-sampah itu diendapkan dan dilempar kedaratan kecuali sari pati bumi yang melarut dengan kesenyawaanya. Watak alam tersebut wajib menghayati pribadi prajurit yang melambangkan “Kebesaran rasa sesama hidup yang bersendikan pada keadilan sosial, menerima segala tinggi atau rendahnya setiap persoalan yang dihadapi dan menyangkut hal kehidupan masyarakat di sekitarnya  namun wajib menilai dan memisahkan antara mana yang benar dan mana yang salah”.

2)    Tata warna merah, putih, kuning, hitam dan hijau berturut turut melambangkan :

  1. Merah : Keberanian yang gagah perkasa.
  2. Putih : Kesucian yang bersih tanpa pamrih.
  3. Kuning : Keluhuran yang bijaksana lagi cendekia.
  4. Hitam : Mantap, teguh dan kekal.
  5. Hijau : Harapan, doa dan kepercayaan.

3)    Bintang emas bersudut lima.    Dimaksud bahwa prajurit yang bernaung dibawah lambang ini, mendapatkan sinar kehidupan yang memancar dari idiologi negara Pancasila.

4)    Padi kuning 45 butir, kapas putih 8 buah dan daun hijau 17 helai.    Adalah sungging sangkala yang bermaksud agar pemilik lambang  ini tetap memiliki semangat Proklamasi 17 Agustus 1945.

5)    Mahkota dan Tiang.

 

  1. Burung garuda akan terbang. Melambangkan bahwa TNI AD sanggup terbang tinggi menuju cita-cita.
  2. Hiasan runcing 8 buah.    Melambangkan bahwa TNI AD dalam berperilaku berpedoman pada Delapan Wajib TNI.
  3. Jambul/jengger lima jeruk.    Melambangkan sebagai hari lahirnya Tentara Nasional Indonesia tanggal 5 Oktober.
  4. Bulu sayap bagian dalam 10 helai dan bulu sayap bagian luar 17 helai.    Melambangkan bulan yang bersejarah bagi TNI dan tanggal Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.
  5. Bulu ekor 7 helai.    Melambangkan bahwa setiap prajurit TNI AD selalu memegang teguh Sapta Marga.

 

MARS WIRABIMA

 

 

Arti dan makna lagu Mars Wirabima.
Bahwa setiap anggota Korem 031/Wirabima hendaknya memiliki watak :

  1. Berani tetapi jujur dan rela.
  2. Suci mantap tanpa pamrih.
  3. Pimpinannya berbudi luhur, cendekia tahu menempatkan kaidah hukum, bijaksana dalam menimbang dan tegas dalam bertindak.
  4. Bawahanya hormat taat dan dapat dipercaya.
  5. Kesemuanya bersatu dalam kewaspadaan, meluhurkan lambang kesatuan serta bersemboyan “Jadilah  manusia utama prajurit sejati sebagai alat negara”.

 

 


website hosting main area bottom